Alat berat merupakan salah satu peralatan terpenting di dunia konstruksi. Selama proyek konstruksi berlangsung, alat berat harus terus beroperasi untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan cepat dan efisien. Agar proyek berjalan dengan lancar, penting bagi para kontraktor atau pengelola alat berat untuk mengetahui cara mengelola armada alat berat dengan efektif.

Sama seperti kendaraan lain, alat berat juga memerlukan perhatian dan perawatan agar mesin bertahan lama. Misalnya, sebelum beroperasi, operator wajib melakukan inspeksi untuk mengidentifikasi masalah-masalah pada alat secara dini. Lalu ketika tidak sedang digunakan, alat berat diparkir di tempat yang aman dan terlindungi dari paparan air hujan dan sinar matahari.

Manajemen armada yang baik sangatlah dibutuhkan untuk menjamin kualitas alat dan produktivitas perusahaan. Simak artikel berikut untuk mengetahui sejumlah aspek krusial yang perlu diperhatikan untuk pengelolaan yang optimal.

 

Mengapa Pengelolaan Armada Alat Berat Penting?

Armada alat berat mengacu pada kumpulan alat berat yang dimiliki atau dioperasikan oleh suatu perusahaan untuk mendukung proyek dan kegiatan operasionalnya. Satu armada bisa terdiri dari berbagai jenis alat berat seperti excavator, bulldozer, wheel loader, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki sebuah armada alat berat, baik melalui proses pembelian maupun penyewaan, sangatlah penting untuk memiliki sistem manajemen yang baik. Hal ini dapat membantu Anda dalam berbagai hal, seperti hemat biaya, mewujudkan proyek yang sukses, proses pengerjaan yang efisien, dan minimalisasi potensi kerusakan.

Sebaliknya, armada alat berat yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan masalah tidak terduga bagi perusahaan Anda. Sebagai contoh, jika salah satu excavator terlambat tiba di lokasi proyek, seluruh proyek Anda mungkin tertunda, sehingga menyebabkan waktu yang terbuang dengan sia-sia.

Selain itu, manajemen yang buruk juga akan membuat Anda kesulitan saat melacak atau memantau kondisi alat berat Anda, utamanya jika bisnis Anda cukup besar dan tersebar di beberapa kota atau negara dalam waktu yang bersamaan. Hal ini bisa menjadi masalah serius jika ada kerusakan yang tidak terdeteksi dengan cepat.

Baca juga: 5 Tips Perawatan Spare Part Alat Berat agar Tetap Awet

 

Bagaimana Cara Mengelola Armada Alat Berat dengan Baik?

Untuk dapat mengelola armada alat berat dengan baik, ada beberapa metode krusial yang perlu diperhatikan. Berikut selengkapnya.

 

1. Inspeksi dan Perawatan Rutin

Inspeksi dan perawatan rutin adalah kunci untuk menjaga kondisi armada alat berat Anda. Pemeriksaan dapat dilakukan sebelum dan sesudah alat berat beroperasi, sedangkan perawatan dapat dijadwalkan setiap minggu atau bulan sesuai kebutuhan alat Anda.

Saat menyusun penjadwalan, Anda bisa mengacu pada merek, model, dan tahun manufaktur alat. Anda bisa menemukan segala informasi tersebut di buku panduan alat berat Anda yang disediakan oleh pabrik manufaktur. Jangan lupa untuk menentukan anggaran perbaikan agar Anda tidak terkejut dengan jumlah tagihan yang tidak terduga.

Untuk hasil yang maksimal, perawatan rutin sebaiknya mencakup hal-hal berikut:

  • Pemeriksaan kondisi alat berat secara keseluruhan
  • Penggantian oli
  • Pengecekan lubrikasi antar komponen
  • Pemeriksaan kesehatan rem
  • Penggantian filter yang sudah kotor

Perawatan rutin dapat dilakukan secara mandiri oleh operator atau Anda bisa memanggil jasa ahli untuk servis alat berat. Jika perlu melakukan penggantian spare part, pastikan Anda membeli di tempat yang terpercaya.

Baca juga: Penting! Kenali 6 Gejala Kerusakan Alat Berat Sejak Dini

 

2. Pelacakan Alat Secara Real-time

Salah satu tantangan dalam mengelola armada alat berat adalah melakukan pemantauan dari waktu ke waktu, terutama ketika alat berat dipindahkan ke lokasi lain. Ada sejumlah risiko yang perlu diwaspadai, seperti alat berat yang hilang atau rusak di perjalanan. Ketika hal ini terjadi, pengerjaan proyek tentu akan terhambat.

Untuk dapat memantau alat berat dengan praktis, Anda bisa menggunakan teknologi GPS tracker yang terhubung dengan smartphone Anda. Selain lokasi, Anda juga bisa mendapatkan data mengenai suhu, tekanan, serta performa keseluruhan dari alat berat Anda. Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa semua alat berat dalam armada Anda dalam kondisi baik dan bekerja dengan semestinya.

 

3. Manajemen Bahan Bakar

Habisnya bahan bakar bisa menjadi masalah yang cukup serius di lokasi proyek. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan ketersediaan bahan bakar agar alat berat dapat terus bekerja dengan efektif.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memantau persediaan bahan bakar, seperti GPS tracking atau mengaplikasikan sensor bahan bakar pada alat. Perlu diingat bahwa konsumsi bahan bakar berbeda-beda di tiap alat. Jika Anda ingin menghemat, Anda bisa gunakan alat yang irit bahan bakar atau melatih operator untuk menggunakan teknik mengemudi yang paling efektif.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Efisiensi Bahan Bakar

 

4. Pemantauan Proyek

Selain memantau kondisi dan penggunaan alat berat, penting juga untuk mengetahui progres pengerjaan proyek konstruksi Anda. Informasi ini tentu dapat membantu Anda mengetahui kebutuhan di lapangan dan menciptakan sistem manajemen armada alat berat yang terintegrasi dengan baik.

Dengan mengetahui perkembangan proyek, Anda juga bisa mengalokasikan sumber daya yang tersedia dengan baik, termasuk alat berat. Maksimalkan penggunaan alat berat, namun tetap jaga penggunaannya agar tidak mengalami overwork.

 

5. Pelatihan dan Sertifikasi Operator

Aspek terakhir yang perlu diperhatikan adalah keahlian operator dalam mengoperasikan alat berat. Perlu diketahui bahwa kualitas operator dapat sangat memengaruhi performa dan kesehatan alat berat. Hal ini juga berhubungan dengan risiko kecelakaan di lokasi kerja. Semakin ahli operator, semakin kecil kemungkinan terjadinya masalah.

Untuk itu, sangat disarankan untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi pada operator Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir terhadap penggunaan alat berat. Hal ini juga dapat membantu Anda mengelola armada dengan lebih baik dan menjaga ketahanan alat agar awet dalam jangka panjang.

Selengkapnya: Tips dan Cara Menjadi Operator Alat Berat Berkualitas

 

Sewa Alat Berat Berkualitas di Rahayu Diesel

Untuk memastikan kelancaran proyek, penting untuk memilih dan menggunakan alat berat yang berkualitas. Rahayu Diesel merupakan rental alat berat terpercaya di Indonesia yang menawarkan segala jenis alat berat untuk memenuhi kebutuhan proyek Anda. Semua alat berat yang tersedia dapat dipastikan dalam kondisi prima dan siap untuk dikirimkan ke lokasi Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Segera klik ikon “Hubungi WhatsApp” di bawah kanan layar Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar penyewaan alat berat Rahayu Diesel. Proyek lancar, bisnis makin cuan!