Jenis konstruksi jalan umumnya terbagi menjadi tiga hal yaitu, jalanan beton, jalan aspal dan jalan paving blockBaik itu jalan raya ataupun jalan di pedesaan umumnya menggunakan salah satu dari ketiga jenis konstruksi jalan tersebut. 

Hal ini tentunya mengikuti bagaimana nantinya jalan tersebut digunakan. Apakah untuk kendaraan pribadi atau kendaraan berat seperti truck dan lain-lain. Penting untuk menentukan jalan yang bagus dan aman untuk digunakan berkendara. 

Hal yang harus diperhatikan juga ketiga jenis konstruksi jalan tersebut memiliki perbedaan dalam merawat dan juga kualitas tahan lamanya. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis konstruksi jalan yang perlu Anda ketahui sebelum menjalankan proyek konstruksi jalan. 

Jenis Konstruksi Jalan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bahwa terdapat tiga jenis konstruksi jalan yaitu jalan aspal, jalan paving block dan jalan beton. 

Ketiganya memiliki keunggulan dan keistimewaannya masing-masing. Setiap konstruksi jalan juga memiliki proses konstruks yang berbeda-beda juga. 

Jalan Aspal

Aspal dapat diketahui sebagai bahan perekat untuk konstruksi jalan yang berwarna hitam pekat atau coklat tua. Adapula unsur utama dari aspal yaitu bitumen. Cara untuk mendapatkannya adalah meresidu hasil pengilangan minyak. 

Bitumen sendiri adalah komponen utama untuk mengikat agregat untuk konstruksi jalan. Salah satu ketahanan terbaik yang dimiliki dari jalan aspal adalah mempunyai ketahanan yang bagus terhadap cuaca dan kuat terhadap tekanan air. 

Hal ini dikarenakan aspal memiliki sifat pekat yang tahan terdapat sifat pelapukan yang dapat menghindarkan dari penurunan kualitas jalan aspal. 

Kandungan aspal terdiri dari 80% karbon, 10% hydrogen, 6% belerang dan sisanya oksigen. Dalam prosesnya aspal akan mencair jika dipanaskan pada temperatur tinggi dan nantinya akan kembali membeku begitu temperatur diturunkan. 

Kelebihan dan Kekurangan Jalan Aspal

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam jenis konstruksi jalan aspal ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Jalan Aspal

  • Jalan yang dihasilkan nantinya akan lebih halus dari lainnya. Jalan halus yang dihasilkan memberikan jalan yang tanpa adanya gelombang.Memberikan kenyamanan dalam berkendara.
  • Biaya operasional yang lebih murah dibandingkan yang lainnya, apalag dibandingkan dengan jenis beton yang lebih banyak mengeluarkan biaya. 
  • Dalam hal kenyamanan berkendara, jalan aspal tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Ketika kendaraan melaluinya akan memberikan suasana tenang. 
  • Perawatan yang jauh lebih mudah. Perawatan pada jalan aspal dilakukan hanya pada area yang mengalami kerusakan dengan teknik menambal. 
  • Warna yang diberikan juga lebih hangat (warm) dibandingkan jenis lain. Warna hitam pada aspal memberikan kenyamanan dalam berkendara.
  • Proses pembuatan jalan aspal lebih cepat dibandingkan jalan  beton yang memerlukan waktu lama sampai mencapai kekuatan tertentu agar dapat dilewati pengendara.

Kekurangan Jalan Aspal

  • Kurang tahan terhadap genangan air pada musim hujan. Sama halnya ketika musim panas, suhu yang tinggi mengakibatkan material pengikat aspal menjadi lemah apabila ada kendaraan berat yang melaluinya. Solusinya adalah dengan melakukan perawatan secara berkala.
  • Harus memperhatikan struktur tanah, apabila kondisi tanah buruk serta tidak rata, maka harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi konstruksi aspal.
  • Membutuhkan perawatan yang berkala. Dibandingkan dengan beton, aspal memerlukan waktu perawatan yang lebih banyak dari waktu ke waktu untuk mencegah kerusakan.
  • Memerlukan sistem drainase. Untuk mengatasi kelemahan aspal terhadap genangan lain, diperlukan pembuangan air atau sistem drainase yang baik agar lapisan aspal tetap kuat.

Jalan Beton

Perkerasan jalan beton semen atau secara umum disebut perkerasan kaku, terdiri atas plat beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah (bisa juga tidak ada) di atas tanah dasar. 

Penggunaan perkerasan beton sebagai jalan raya dan jalan lingkungan dapat menjadi pilihan yang baik untuk suatu wilayah. Untuk perkerasan beton umumnya dibuat dengan tebal minimal 20 cm.

Menggunakan beton bermutu tinggai agar tahan lama terhadap kendaraan yang melintas, memiliki ketahanan yang baik terhadap pelapukan akibat cuaca, serta tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu sering.

Kelebihan dan Kekurangan Jalan Beton

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam jenis konstruksi jalan beton ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Jalan Beton

  • Memiliki ketahanan yang lebih kuat untuk dilalui kendaraan pribadi ataupun kendaraan berat. 
  • Lebih kuat menahan genangan air ataupun banjir. Maka dari jalan beton kuat dalam berbagai cuaca.
  • Perawatan yang lebih murah dikarenakan tidak harus dilakukan secara berkala. 
  • Dapat digunakan pada struktur tanah lemah/ekpansif yang CBR-nya rendah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.
  • Kebutuhan material jauh lebih mudah dicari dan didapatkan. 
  • Direkomendasikan untuk jalan yang mempunyai tanah dasar yang jelek, dan jalan yang lalu lintas kendaraan beratnya cukup tinggi.

Kekurangan Jalan Beton

  • Jalan beton yang digunakan untuk jalan raya, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal, namun lebih murah pada masa perawatan. 
  • Kehalusan dan gelombang jalan beton ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.
  • Proses perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan beton yang lama,sehingga terkadang elevasi jalan lebih tinggi dibanding rumah disampingnya.
  • Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga mengharuskan para pengendara untuk tetap awas dalam berkendara.

Jalan Paving Block

Jalan paving block merupakan jenis material yang terdiri dari beberapa bahan campuran, seperti abu batu, semen, air dan agregat halus ataupun kasar. 

Paving umumnya hanya untuk menutup permukaan tanah agar terlihat lebih rata dan bisa digunakan dengan baik. Digunakan oleh pengendara ataupun pejalan kaki. 

Paving juga dipahami sebagai bata beton, dipasang dengan konsep yang saling merekat dan mengunci satu sama lain dalam keadaan padat. 

Umumnya tidak membutuhkan tenaga khusus untuk memasang paving tersebut sehingga siapa saja dapat memasangnya. 

Hal ini akan berdampak pada biaya pemasangan yang nantinya jauh lebih murah, karena tidak perlu membayar orang ahli dengan biaya mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Jalan Paving Block

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam jenis konstruksi jalan paving block ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Jalan Beton

  • Memilik daya serap air lebih tinggi, maka memberikan ketahanan terhadap genangan air dan banjir. Hal ini karena celah-celah yang diberikan paving memberikan ruang untuk air masuk langsung menuju tanah. 
  • Pemasangannya yang mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja. Asal terstruktur dan rapat maka pemasangan jalan paving akan aman dan nyaman untuk berkendara. 
  • Harga dan perawatan yang lebih murah, umumnya setelah 5 tahun pemasangan maka paving akan mengalami kerusakan dan merawatnya pun juga tidak rumit. 
  • Memberikan nilai estetika dan memanjakan mata ketika berkendara. Hal ini memberikan kenyamanan untuk berkendara ataupun berjalan kaki. 

Kekurangan Jalan Beton

  • Kontur yang bergelombang. Celah pada masing-masing paving block memberikan kondisi jalan yang tidak rata, ketika dilalui kendaraan dengan kecepatan tinggi maka akan memberikan rasa bergeronjal kepada para pengendara kendaraan tersebut. 
  • Setiap celah tersebut pada akhirnya akan memberikan kerenggangan pada setiap paving block tersebut. Hal itulah yang harus diperhatikan oleh para tukang. 

Berikut in adalah penjelasan dari kelebihan serta kekurangan dari jenis-jenis konstruksi jalan. Penting untuk diketahui agar terhindar dari kerugian selama pengerjaan proyek. 

Bagi Anda yang ingin atau sedang mengerjakan proyek konstruksi jalan dan membutuhkan alat berat maka Anda bisa menghubungi tim Rahayu Diesel.

Caranya dengan klik tombol WhatsApp di kanan bawah layar Anda, maka tim kami akan membantu mempersiapkan kebutuhan Anda. Proyek lancar, bisnis makin cuan.